Minggu, 22 Mei 2011

KEAJAIBAN DUNIA

ini bukti tak terbantahkan tentang keajaiban dari macam-macam kegunaan produk kelapa. berikut artikel kegunaan nata de coco untuk bahan layar TV.

nata de coco digunakan untuk bahan chip untuk layar komputer

nata de coco digunakan untuk bahan chip untuk layar komputer

Satu lagi limbah kelapa yang potensial: air. Sebagai bahan baku nata de coco yang lezat itu? Berkat jasa baik bakteri Acetobacter xylinum air kelapa menjadi nata de coco. Penganan kenyal itu ternyata bahan baku layar televisi atau monitor komputer. Itulah hasil riset Kyoto University. Monitor atau layar nata de coco itu terbukti kuat, tahan panas, tetapi sekaligus lentur, dan mampu mentransmisikan cahaya.

Sebagai gambaran komposit nata de coco mempunyai keteguhan patah 450 MPa. Itu setara kekuatan baja ringan: 500 MPa. Menurut Ir Lisman Suryanegara, periset Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, kekuatan itu karena nata de coco memiliki microfibrils yang seragam dengan ukuran fiber kurang dari 10 nm, lurus, dan membentuk jaringan seperti jaring laba-laba. Jadi bukan tak mungkin kita memelototi layar nata de coco, eh layar komputer sambil menikmati nata de coco. (Sardi Duryatmo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar